Rabu, 12 Desember 2018

Strategi Pemasaran Hotel Melalui Sosial Media | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN BISNIS MANAJEMEN

KONSULTAN HOTEL & RESTORAN

TERBUKTI AMPUH, +62 813-9864-6177. Strategi Pemasaran Hotel Melalui Sosial Media.

Strategi Pemasaran Dengan Media Sosial, Strategi Pemasaran Bisnis Hotel, Strategi Pemasaran Hotel Yang Baik, Contoh Strategi Pemasaran di Hotel, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Konsultan Bisnis Surabaya, Konsultan Bisnis Manajemen, Konsultan Hotel Surabaya, Bisnis Hotel Surabaya, Konsultan Hotel di Bali, Konsultan Hotel di Indonesia, Konsultan Hotel Surabaya, Konsultan Bisnis Yogyakarta, Konsultan Hotel di Jakarta.




Ketika melakukan pemasaran hotel melalui sosial media, user engagement adalah sesuatu yang wajib. User engagement adalah interaksi yang ada antara Anda dan audiens ketika menggunakan sosial media. Ini termasuk kesan yang ditimbulkan setelah melihat postingan Anda di sosial media. Ketika Anda melakukan pemasaran hotel melalui sosial media, user engagement adalah interaksi yang tercipta dari sarana tersebut. Ini juga termasuk jumlah klik, komentar, unduhan media dan jumlah audiens yang melihat video yang Anda unggah.

Mengapa user engagement penting ketika melakukan pemasaran hotel melalui sosial media?
Ketika Anda melakukan pemasaran hotel melalui sosial media, meningkatkan user engagement adalah hal yang wajib. User engagement dapat digunakan sebagai parameter untuk mengukur efektivitas dari kampanye yang Anda lakukan di sosial media. Ini juga bisa Anda gunakan untuk merencanakan kebijakan selanjutnya yang harus Anda ambil untuk bisnis Anda ke depannya. Melihat seberapa lama audiens menghabiskan waktu di halaman akun sosial media Anda bisa menjadi tolak ukur efektivitas kampanye sosial media yang Anda lakukan. Di sisi lain, ketiadaan interaksi di sosial media juga bisa menjadi indikator bahwa konten yang ada tidak begitu menarik.

Ketika Anda memiliki tingkat interaksi yang tinggi dengan audiens di sosial media, semakin besar pula kemungkinan untuk mereka membeli produk yang Anda tawarkan. Sebagai contoh, ketika ada banyak orang meninggalkan komentar di foto yang Anda unggah di Instagram maka hal itu menunjukkan bahwa foto tersebut menarik. Secara umum, tingginya user engagement pada akun sosial media Anda bisa menjadi potensi bagi para audiens untuk menginap di hotel Anda.

Sosial media memang telah menjadi elemen yang tidak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat modern. Melakukan pemasaran hotel melalui sosial media juga bukan lagi hal yang mustahil. Namun demikian, itu tetap bukanlah hal yang mudah. Beberapa hotel mengalami kesulitan untuk mengaplikasikan strategi pemasaran hotel mereka melalui sosial media. Berikut Caption memberikan beberapa contoh strategi pemasaran hotel melalui sosial media yang mungkin bisa menginspirasi Anda.

Strategi Pemasaran Hotel Dengan Baik 

1. Buatlah kuis yang menarik
Secara psikologis, semua orang suka berkompetisi. Terlebih ketika mereka bisa mendapatkan sesuatu dari kompetisi tersebut. Anda dapat mengambil konsep tersebut saat melakukan pemasaran hotel melalui sosial media. Cobalah untuk membuat kuis di sosial media Anda dengan hadiah yang menarik. Hadiah tersebut bisa berupa voucher menginap gratis di hotel Anda, voucher diskon di restoran hotel Anda, atau mungkin souvernir. Kuisnya sendiri pun tidak perlu terlalu rumit. Anda bisa meminta audiens untuk memberikan like atau membagikan post Anda di sosial media. 

2. Kreatif dengan konten


Tantangan terbesar saat melakukan pemasaran hotel melalui sosial media adalah membuat konten yang menarik. Ketika Anda ingin meningkatkan user engagement, konten yang menarik adalah hal yang mutlak diperlukan. Di sinilah Anda harus memutar otak untuk selalu menghadirkan konten yang menarik bagi audiens Anda di sosial media. Anda tidak harus terus menerus menciptakan konten baru. Membagikan post akun lain yang masih sesuai dengan branding Anda juga bisa menjadi cara yang mudah untuk tetap menjaga akun sosial media Anda menarik.

3. Anda bisa mendapatkan konten tanpa repot-repot
Menghasilkan konten untuk sosial media memang terdengar mudah. Namun demikian, membuatnya tetap menarik adalah hal yang sulit. Anda dapat menyelesaikan masalah ini dengan menerapkan konsep user-generated contents pada sosial media Anda. Berikan kesempatan pada audiens untuk ikut berkontribusi pada konten yang akan diterbitkan di akun sosial media Anda. Hal ini bisa berupa foto yang mereka ambil saat menginap di hotel Anda, atau mungkin cerita pengalaman mereka saat mengunjungi restoran hotel Anda. Dengan demikian, Anda tidak terbebani untuk terus menerus membuat konten yang menarik.

4. Selalu konstan
Hal lain yang tidak kalah penting dalam memasarkan hotel melalui sosial media adalah seberapa tetap Anda mengelola akun tersebut. Jika akun sosial media Anda hanya update setiap sebulan sekali saja, maka audiens pun akan berpikir ulang mengenai kesungguhan Anda mengelola akun tersebut. Usahakan untuk selalu menghasilkan konten secara konstan. Anda memang tidak perlu melakukannya setiap hari, namun pastikan bahwa kehadiran Anda di akun sosial media Anda bisa memberikan kepercayaan pada konsumen.

5. Buatlah mudah bagi mereka untuk melakukan reservasi
Meningkatkan user engagement tidak berarti apa-apa saat Anda tidak bisa meningkatkan penjualan. Meskipun melakukan penjualan bukanlah tujaun utama dari pengelolaan sosial media, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari ini. Anda juga bisa melakukan penjualan melalui sosial media jika Anda paham bagaimana caranya. Sebagai contoh, Anda bisa menambahkan kemampuan untuk mereservasi di Facebook page Anda. Anda juga bisa menambahkan opsi ‘Kontak’ di akun Instagram Anda. Hal ini tentu akan mempermudah konsumen untuk melakukan reservasi tanpa harus repot-repot membuka situs lain.

6. Terhubung dengan bisnis di sekitar


Salah satu kunci untuk meningkatkan user engagement saat melakukan pemasaran hotel melalui sosial media adalah terhubungan dengan bisnis di sekitar Anda. Jangan ragu untuk ikut menandai mereka di postingan sosial media Anda. Hal ini tidak hanya berguna untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap hotel Anda, namun juga bisa bertindak sebagai publikasi gratis bagi bisnis Anda.

7. Berkomunikasi dengan audiens 


Hal terakhir yang harus Anda pahami adalah pentingnya berkomunikasi dengan audiens melalui sosial media. Sebagai suatu media, sosial media juga berlaku sebagai sarana Anda berinteraksi dengan pelanggan Anda. Ini penting tidak hanya untuk membangun kepercayaan di mata pelanggan baru, namun juga menjaga kepercayaan pelanggan tetap Anda. Jangan ragu untuk sekedar membalas komentar ataupun melakukan percakapan secara online dengan audiens Anda. Meskipun terdengar remeh, hal ini bisa menjadi kekuatan Anda.







Industri yang kami layani :
>>>> Retail / Ritel : Segala Jenis Toko : Toko Buku, Toko Bangunan, Toko Bakery, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti, Minimarket, Supermarket, Hypermart, Toko Buah, Toko Obat / Apotek, dll.
>>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik : Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, dll.
>>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, dll.
>>>> Start Up : Segala Jenis Industri



BACA JUGA :
Cara Untuk Memenangkan Persaingan Dalam Bisnis Hotel
Cara Menghitung Keuangan Bisnis Restoran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

New York Bakal Punya Restoran Khusus Acar Goreng | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN HOTEL & RESTORAN BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177.  New York Bakal Punya Restoran Khusus Acar Goreng. Restaurant New York...