KONSULTAN BISNIS MANAJEMEN
KONSULTAN HOTEL & RESTORAN
BERKUALITAS, +62 831-9864-6177. Meningkatkan Direct Booking Dengan Mendongkrak Eksistensi Hotel di Internet.
Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel, Cara Mengoptimalkan Website, Memaksimalkan Social Media, Konsultan Bisnis, Mengelola Review Kinerja , Konsultan Manajemen, Konsultan Bisnis Surabaya, Konsultan Bisnis Manajemen, Konsultan Hotel Surabaya, Bisnis Hotel Surabaya, Konsultan Hotel di Bali, Konsultan Hotel di Indonesia, Konsultan Hotel Surabaya, Konsultan Bisnis Yogyakarta, Konsultan Hotel di Jakarta.
Perubahan perilaku wisatawan yang dinamis membuat seluruh elemen di industri perhotelan harus mampu untuk beradaptasi dan berinovasi dalam mengikuti tren yang baru. Sekarang, kita mungkin sudah terbiasa melihat orang lebih memilih untuk memesan hotel melalui online travel agent (OTA) daripada memesan secara langsung ke hotel. Bahkan, mungkin Anda sudah merasakan dampak dari hal tersebut dengan adanya penurunan jumlah direct booking di hotel Anda, sehingga Anda harus bergantung terhadap OTA untuk memenuhi okupansi kamar Anda. Walaupun hal ini tetap menjaga aliran pendapatan untuk hotel Anda, akan tetapi ada risiko yang harus Anda tanggung jika tidak melakukan upaya untuk meningkatkan direct booking hotel Anda.
Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa pemesanan dari OTA sebenarnya memberkan pendapatan yang lebih kecil bagi hotel karena hotel perlu untuk membayar komisi dari setiap pemesanan yang diterima. Untuk menghindari kehilangan pendapatan karena hal tersebut, maka hotel jangan sampai mengabaikan potensi direct booking. Bahkan, sebaiknya hotel memaksimalkan usaha marketing mereka untuk meningkatkan direct booking mereka.
Saat ini wisatawan memiliki kecenderungan untuk mencari informasi terlebih dahulu di internet sebelum memutuskan untuk memesan akomodasi yang mereka inginkan.
Hal ini berarti mereka mengunjungi website hotel Anda, kompetitor Anda, serta beberapa website lainnya sebelum memutuskan untuk memesan. Dengan pola tersebut, hal ini membuat eksistensi hotel di internet memiliki pengaruh yang besar bagi pengambilan keputusan wisatawan untuk memesan suatu akomodasi. Oleh karena itu, untuk meningkatkan direct booking Anda perlu untuk meningkatkan eksistensi hotel Anda di internet. Dengan melakukan hal tersebut Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk menarik minat konsumen untuk memesan hotel Anda secara langsung.
Dalam artikel ini, Caption akan membantu anda untuk meningkatkan eksistensi hotel Anda di internet untuk meningkatkan direct booking ke hotel Anda. Di dalam artikel ini juga membahas langkah serta faktor apa yang harus Anda pertimbangkan ketika akan melakukan pemasaran hotel di internet. Semoga setelah memahami artikel ini, Anda mampu untuk mengimplementasikannya untuk meningkatkan direct booking ke hotel Anda.
Optimalkan Website Anda
Dengan semakin banyak wisatawan yang mencari informasi dan memesan hotel melalui perangkat seluler, maka sebuah website yang optimal dapat menjadi sarana yang penting untuk menarik minat wisatawan. Sebuah website yang optimal berarti website hotel Anda harus menarik dan dapat berfungsi dengan baik ketika dibuka dari berbagai macam perangkat. Karena sebagian besar orang membuka website melalui perangkat seluler, maka website hotel Anda sebaiknya dapat dilihat dan berfungsi dengan baik ketika dibuka dari perangkat seluler. Hal ini berarti website Anda harus memiliki desain tampilan yang bagus sehingga memudahkan konsumen yang ingin mencari informasi di website Anda. Selain itu sebaiknya website Anda sebaiknya dapat dbuka dengan ringan dan memiliki sistem navigasi yang mudah dipahami.
Untuk dapat meningkatkan direct booking melalui website Anda, sebaiknya website Anda dilengkapi dengan booking engine. Fitur ini sangat penting untuk dapat menerima pemesanan secara langsung dari konsumen di website Anda. Salah satu cara untuk menarik minat konsumen untuk memesan secara langsung adalah proses pemesanan yang mudah dan ramah pengguna.
Salah satunya adalah konsumen tidak perlu mengisi formulir pemesanan yang banyak dan konsumen dapat mudah memahami informasi yang disediakan selama proses pemesanan. Jika booking engine Anda mudah digunakan dan mampu menarik minat wisatawan untuk memesan, maka Anda memiliki peluang besar untuk meningkatkan direct booking untuk hotel Anda.
Mengelola Review Tamu di Internet
Selain mengoptimalkan website hotel, Anda juga perlu untuk mengelola reputasi hotel Anda di internet. Salah satu caranya adalah dengan mengelola review tamu yang ada di internet. Di internet terdapat banyak platform di mana tamu dapat menyampaikan review mereka, mulai dari di situs OTA, situs review tamu serta di blog. Review tamu di berbagai platform tersebut dapat membentuk gambaran reputasi online hotel Anda, apakah telah memberikan layanan yang memuaskan atau masih belum memuaskan. Oleh karena itu sangat penting untuk terus memantau review tamu di internet serta memberikan respon yang tepat untuk menanggapinya.
Mengelola review tamu yang ada situs review tamu sangat penting karena, sebagian besar wisatawan melihat review terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan. Salah satu langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah dengan meminta tamu anda untuk memberikan review di situs review tamu, contohnya di TripAdvisor.
Setelah Anda mulai mendapatkan review dari tamu, Anda dapat mulai memberikan respon atas review yang mereka berikan. Anda dapat berterima kasih atas review yang mereka berikan atsu jika mereka menyoroti suatu masalah pada layanan hotel, Anda dapat mengambil langkah untuk menyelesaikan dan mengatasi masalah tersebut.
Anda juga dapat menyampaikan permintaan maaf pada tamu Anda jika pelayanan yang Anda berikan masih belum cukup memuaskan mereka. Dengan memberikan respon yang tepat terhadap review tamu, maka Anda kan dapat membangun impresi yang bagus bagi tamu dan konsumen Anda. Selain itu hal tersebut dapat memberikan gambaran bahwa Anda serius menanggapi review tamu dan peduli terhadap tamu Anda.
Maksimalkan Sosial Media untuk Memasarkan Hotel
Salah satu cara untuk meningkatkan eksistensi hotel Anda di internet adalah dengan melakukan pemasaran hotel melalui sosial media. Dengan sosial media yang sudah sulit dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari, sosial media memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan konsumen Anda melalui sosial media. Interaksi yang Anda bangun melalui sosial media akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen ketika akan memesan hotel Anda.
Selain itu dari sisi branding hotel Anda, mendapat banyak kesempatan untuk lebih dikenal melalui jangkauan dari sosial media yang luas. Selain itu dengan pola perilaku wisatawan yang suka untuk membagikan pengalaman mereka ketika berlibur, hal ini sebenarnya adalah salah satu kesempatan promosi bagi hotel Anda yang dapatkan dari membangun interaksi di sosial media.
Untuk dapat membangun interaksi yang baik di sosial media, Anda harus memahami apa yang suka dilakukan oleh konsumen Anda di sosial media. Sebagai contoh di Facebook, sebagian besar orang menyukai konten lucu dan informatif. Oleh karena itu selain membagikan informasi mengenai harga promo di hotel Anda, sebagai tambahan Anda juga dapat membagikan informasi menarik tentang kawasan sekitar Anda, seperti kuliner enak dan event menarik di sekitar hotel atau fakta menarik tentang hotel Anda.
Dengan memberikan informasi tentang hal-hal menarik di sekitar hotel Anda, maka Anda dapat membbangun citra bahwa di hotel Anda dapat menjadi rujukan untuk mencari informasi bagi mereka.
Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan konten yang diunggah oleh tamu Anda ketika menginap di hotel Anda sebagai konten promosi hotel Anda. Sebagai contoh, Anda dapat mengunggah ulang foto yang diunggah oleh tamu Anda di akun Instagram hotel Anda. Hal tersebut selain digunakan untuk membuat Anda dapat terus meperbarui konten sosial media Anda, juga dapat digunakan untuk memotivasi tamu Anda untuk membagikan pengalaman mereka ketika menginap di hotel Anda.
Meningkatkan eksistensi hotel Anda di internet tentunya membutuhkan energi dan waktu yang banyak. Walaupun mungkin hal tersebut tidak memberikan hasil yang langsung pada peningkatan pendapatan hotel Anda, tetapi hal tersebut dapat menjadi investasi yang berharga dalam menghadapi persaingan industri perhotelan yang ketat.
Ketika Anda sudah secara rutin mampu membagikan konten yang menarik maka Anda telah memiliki kesempatan untuk berinteraksi dan menjangkau lebih dekat konsumen Anda. Selain itu, jika Anda telah mampu untuk mengelola ulasan tamu di internet, hal itu dapat membuat hotel Anda memiliki reputasi online yang bagus yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen pada hotel Anda. Berbagai kesempatan tersebut tentunya memberikan kesempatan yang besar bagi Ada untuk meningkatkan direct booking untuk hotel Anda.
Industri yang kami layani :
>>>> Retail / Ritel : Segala Jenis Toko : Toko Buku, Toko Bangunan, Toko Bakery, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti, Minimarket, Supermarket, Hypermart, Toko Buah, Toko Obat / Apotek, dll.
>>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik : Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, dll.
>>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, dll.
>>>> Start Up : Segala Jenis Industri
BACA JUGA : (klik dibawah ini)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar