KONSULTAN BISNIS MANAJEMEN
KONSULTAN HOTEL & RESTORAN
BERKUALITAS, +62 813-9864-6177. Standar Operasional Prosedur Training Karyawan Restoran.
Standar Operasional Prosedur, Standar Operasional Prosedur Karyawan Restoran, Standar Operasional Prosedur Training Karyawan Restoran, Konsultan Bisnis Manajemen, Konsultan Bisnis Surabaya, Konsultan Restoran Surabaya, Konsultan Restoran di Jakarta, Konsultan Restoran Bandung, Konsultan Bisnis Yogyakarta, Konsultan Restoran Semarang, Konsultan Restoran Bali, Bisnis Restoran di Jakarta Selatan.
SOP atau Standar Operasional Prosedur - didalam dunia Hospitality sangat diprioritaskan, baik terhadap Produknya, Employee (Karyawan), Arsitektur, dll semua itu dilakukan hanya untuk peningkatan layanan (Services), sehingga pelanggan atau customers merasa sangat terpuaskan, sehingga akan meningkatkan popularitas bagi Restorannya. Puas untuk customers mengandung arti yang luas dan kompleks, sehingga faktor-faktor terkecil pun yang bedampak terhadap kepuasan customers akan terus di perbaiki dan di maksimalkan performance terbaiknya. adapun kriteria puas yang umum antara lain :
1. Services atau pelayanan karyawannya baik, ramah serta aktif
2. Keamanan lokasi, baik Internal maupun external
3. Memilki Buku menu, Price Tag, Display menu serta Testimonil Food
4. Produknya Enak, Sehat, Beragam, Bisa Customs.
5. Bayak pilihan Promo, Diskon, Free
6. Harga yang kompetitif
7. Fasilitas kemudahan Transaksi
8. Memiliki area Dine In, dan Khusus Take Away serta Smoking Area
9. Kapasitas Tempat yang memadai, Nyaman, Bersih dan Wangi
10. Fasilitas Audio Visual serta Lighting pendukung
11. Fasilitas Internet Connecting, Power Charging, Phone Active
12. Fasilitas Toilet Hygiene
13. Terbebas dari Binatang kotor / hama
14. Fasilitas pendukung untuk Bayi, Anak anak, Lansia
15. Design arsitektur tempat yang mendukung
16. Didukung Chief Restorant yg berkualitas dan aktif
Setelah kita mengerti dari arti kepuasan pelanggan atau customers tersebut, barulah kita memulai langkah persiapan besar untuk bisa memenuhi kriteri-kriteria tersebut, namun tentunya kriteria tersebut bersifat global, jadi cukup gunakan atau ambil beberapa kriteria tersebut diatas yang sekiranya cocok dan sesuai dengan konsep dari restoran, cafe, Bistro, Catering, Kantin, dll.
Tujuan dari mengikuti kriteria tersebut adalah sebetulnya menguji seberapa besar performance yang bisa dihasilkan, karena berbeda Restoran umumnya hasilnya pasti berbeda. karena semua itu point utamanya terletak pada kemampuan setiap karyawannya untuk dapat memberikan service atau pelayanan terbaik sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang berlaku di perusahaan.
Pada kesempatan pertama ini, kami menginformasikan petingnya manfaat Training untuk karyawan, berikut penjelasannya :
Training atau pelatihan pengembangan bagi karyawan perusahaan mempunyai banyak manfaat baik bagi karyawan itu sendiri maupun bagi perusahaan. Karyawan akan semakin bertambah pengetahuannya, potensinya maupun skillnya, yang akan berimplikasi positif bagi perusahaan. Perusahaan selalu membutuhkan tenaga-tenaga yang berkompeten di bidangnya untuk meningkatkan laju laba perusahaan, sehingga rekruitmen dan pembinaan karyawan yang tepat menjadi hal penting yang harus diperhatikan.
Training sebagai salah satu media untuk meningkatkan kemampuan karyawan akan menjadi alat efektif juga untuk meningkatkan laju laba perusahaan.
Banyak sekali manfaat yang dapat dieksplore dari hasil training atau pelatihan pengembangan. Berikut ini adalah ringkasan manfaat training dan pelatihan karyawan secara umum, dari sudut pandang berbagai pihak yang terlibat di dalamnya.
Manfaat training bagi perusahaan :
- Memiliki tenaga kerja yang ahli dan terampil
- Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja
- Meningkatkan produktivitas kerja
- Mengurangi biaya karena waktu yang terbuang akibat kesalahan-kesalahan
- Meningkatkan mutu hasil kerja
- Meningkatkan sales dan profit
- Memiliki anak buah yang ahli dan terampil
- Dapat mendelegasikan lebih banyak tugas dan tanggung jawab kepada bawahan
- Terlepas dari hal-hal kecil yang bukan porsinya untuk ditangani
- Tugas dan pekerjaan berjalan lancar walau anda tidak di tempat
- Menunjang karir anda untuk memperoleh jabatan yang lebih tinggi
- Mengurangi waktu yang digunakan untuk belajar
- Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan
- Meningkatkan rasa percaya diri
- Meningkatkan kepuasan kerja
Tujuan dan Manfaat Pelatihan
Menurut Carrell dan Kuzmits (1982 : 278), tujuan utama pelatihan dapat dibagi menjadi 5 area:
- Untuk meningkatkan ketrampilan karyawan sesuai dengan perubahan teknologi.
- Untuk mengurangi waktu belajar bagi karyawan baru agar menjadi kompeten.
- Untuk membantu masalah operasional.
- Untuk menyiapkan karyawan dalam promosi.
- Untuk memberi orientasi karyawan untuk lebih mengenal organisasinya
- Untuk menyesuaikan diri terhadap tuntutan bisnis dan operasional-operasional industri sejak hari pertama masuk kerja.
- Memperoleh kemajuan sebagai kekuatan yang produktif dalam perusahaan dengan jalan mengembangkan kebutuhan ketrampilan, pengetahuan dan sikap.
- Meningkatkan kuantitas dan kualitas produktivitas
- Mengurangi waktu pembelajaran yang diperlukan karyawan untuk mencapai standar kerja yang dapat diterima.
- Membentuk sikap, loyalitas, dan kerja sama yang lebih menguntungkan
- Memenuhi kebutuhan perencanaan sumber daya manusia
- Mengurangi frekuensi dan biaya kecelakaan kerja
- Membantu karyawan dalam peningkatan dan pengembangan pribadi.
Industri yang kami layani :
>>>> Retail / Ritel : Segala Jenis Toko : Toko Buku, Toko Bangunan, Toko Bakery, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti, Minimarket, Supermarket, Hypermart, Toko Buah, Toko Obat / Apotek, dll.
>>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik : Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, dll.
>>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, dll.
>>>> Start Up : Segala Jenis Industri
BACA JUGA : (klik dibawah ini)
Kesalahan Yang Harus Dihindari Ketika Membuka Galery
Integerasi Sistem Pelayanan Hotel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar