Kamis, 03 Januari 2019

Strategi Mendapatkan Kepercayaan Konsumen | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN HOTEL & RESTORAN

TERNAMA, +62 813-9864-6177. Strategi Mendapatkan Kepercayaan Konsumen.

Konsultan, Artikel Strategi Konsumen, Strategi Kepercayaan Konsumen, Sukses Bisnis, Peluang Usaha, Konsultan Bisnis Jakarta, Konsultan Bisnis Jakarta Barat, Konsultan Bisnis di Jakarta, Konsultan Bisnis Cirebon, Konsultan Bisnis di Depok, Konsultan Bisnis Jakarta Timur. 





Kunci utama dari keberhasilan sebuah bisnis adalah kepercayaan yang timbul dari konsumen terhadap produk ataupun jasa yang dijual. Konsumen harus memiliki kepercayaan bahwa produk atau jasa yang dipilihnya mampu memberikan manfaat yang terbaik baginya. Di saat Anda sebagai pemilik bisnis telah berhasil membangun kepercayaan dari konsumen, bisnis Anda pasti akan mendapatkan lebih banyak pelanggan yang kembali, termasuk rekomendasi secara gratis dari konsumen kepada orang-orang terdekatnya.

Konsumen akan secara sukarela mempromosikan produk atau jasa yang Anda jual terhadap orang-orang disekitarnya karena mereka telah memiliki pengalaman yang baik dengan produk atau jasa dari Anda.

Oleh karena itu, sangat penting untuk dapat memperoleh kepercayaan dari konsumen akan bisnis Anda. Berikut adalah 5 strategi yang dapat Anda gunakan dalam memunculkan kepercayaan konsumen akan bisnis Anda:

1. Komunikasi
Komunikasi adalah hal terpenting dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Alih-alih hanya memberi tahu pelanggan tentang bisnis Anda, mulailah melakukan percakapan dengan mereka. Cari tahu apa yang menjadi kebutuhan dari pelanggan, lalu tunjukkan pada mereka bahwa Anda memiliki solusi untuk masalah mereka.

BACA JUGA : Tips Jitu Sukses Berbisnis Kue dan Cara Menghadapi Pesaing Bisnis Serupa

Jika Anda memiliki karyawan, ajari mereka cara berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan. Alih-alih menunggu layanan customer service, kembangkan keterampilan berkomunikasi dengan pelanggan. Pastikan Anda memberikan tanggapan yang cepat terhadap segala kritik dan saran dari pelanggan Anda, termasuk juga kepekaan yang wajib dimiliki demi memenuhi kebutuhan dari pelanggan.

2. Buatlah Produk Ataupun Jasa Anda Melebihi Harapan dari Pelanggan
Pelanggan Anda mengharapkan produk atau jasa yang dibelinya dari Anda merupakan produk atau jasa terbaik baginya. Singkatnya, jika Anda berhasil membuat pelanggan merasa senang dengan kualitas dari bisnis Anda, maka pelanggan akan kembali dan menggunakan produk atau jasa Anda secara terus menerus.

Untuk membuat pelanggan yakin bahwa telah memilih produk atau jasa yang tepat, Anda dapat melakukan beberapa hal ini, seperti; mengantarkan produk atau jasa lebih cepat dari yang diantisipasi, memberikan packaging yang bagus. Bila Anda memberikan lebih awal dari yang diharapkan, pelanggan akan senang dengan pelayanan yang Anda berikan.

3. Mintalah Kritik dan Saran
Apakah pelanggan memiliki opini baik atau buruk tentang bisnis Anda? Mendengarkan kritik dan saran dari pelanggan akan menunjukkan bahwa Anda peduli akan kebutuhan mereka. Cobalah untuk melakukan survei singkat baik melalui online ataupun offline, mintalah kritik dan saran dari pelanggan akan produk atau jasa yang baru dibelinya dari Anda. Kritik dan saran dari pelanggan akan membantu Anda mengetahui lebih dalam akan kebutuhan yang ada, sehingga Anda dapat memberikan solusi terbaik untuk masalah mereka.

BACA JUGA : Alasan Mengapa Manajemen Persediaan Itu Penting

Semakin baik penawaran Anda, dan mampu memenuhi kebutuhan mereka, semakin besar peluang adanya peningkatan penjualan. Pastikan untuk selalu mendengarkan setiap komentar yang ada dan tanggapi dengan segera. Termasuk apabila komentar yang diberikan merupakan komentar yang negatif. Melalui komentar inilah Anda dapat melakukan perbaikan terhadap kesalahan-kesalahan yang Anda perbuat dalam bisnis.

4. Lakukan Komunikasi Dua Arah Dengan Pelanggan
Seiring dengan perkembangan teknologi, ada lebih banyak cara untuk dapat memulai percakapan dengan pelanggan Anda dibandingkan sebelumnya. Ada banyak medium online dan media sosial yang dapat Anda gunakan untuk dapat menjangkau pelanggan.

Tindakan komunikasi dua arah dengan pelanggan ini bertujuan untuk menumbuhkan hubungan diantara bisnis Anda dengan pelanggan. Pelanggan cenderung akan bersifat transparan dan lebih terbuka akan kekurangan dari produk Anda yang tidak ia suka. Dengan metode ini, Anda akan selalu menjadi terdepan diantara competitor, karena dengan cepat Anda dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada tersebut.

5. Tunjukkan Apresiasi
Berikan apresiasi terhadap pelanggan lama dengan program loyalitas diskon. Anda dapat membagikan kartu hadiah, atau menggunakan program loyalitas untuk memberikan penghargaan kepada pelanggan. Dengan program loyalitas ini, pelanggan mendapatkan poin untuk membeli barang atau jasa Anda. Setelah mendapatkan sejumlah poin, maka pelanggan berhak mendapatkan hadiah. Misalnya, Anda bisa memberi hadiah kepada pelanggan dengan diskon untuk pembelian berikutnya.

BACA JUGA : Cara Menjadi Yang Petama di Benak Pelanggan

Juga berikan barang bermerek murah, seperti pulpen atau notes, atau bahkan barang mahal, seperti kaos, topi atau jaket dengan logo Anda di atasnya. Ini adalah cara kecil namun efektif untuk mengucapkan terima kasih kepada pelanggan sekaligus menjaga bisnis Anda tetap menjadi pilihan utama bagi pelangggan.

Nah, dengan melakukan kelima hal diatas maka Anda sudah berada satu langkah dari para kompetitor Anda. Tanpa harus melakukan usaha yang berlebih, disaat Anda telah berhasil membuat pelanggan percaya akan bisnis Anda, maka pelanggan akan selalu memilih Anda.

Selalu jadikan pelayanan pelanggan menjadi prioritas utama dari bisnis Anda. Salah satu hal penting dalam pelayanan termasuk akan ketersediannya barang yang ada, sehingga Anda dapat memberikan barang yang dipesan untuk sampai dengan cepat kepada pelanggan.




Industri yang kami layani :
>>>> Retail / Ritel : Segala Jenis Toko : Toko Buku, Toko Bangunan, Toko Bakery, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti, Minimarket, Supermarket, Hypermart, Toko Buah, Toko Obat / Apotek, dll.
>>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik : Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, dll.
>>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, dll.
>>>> Start Up : Segala Jenis Industri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

New York Bakal Punya Restoran Khusus Acar Goreng | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN HOTEL & RESTORAN BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177.  New York Bakal Punya Restoran Khusus Acar Goreng. Restaurant New York...