Senin, 10 Desember 2018

Manfaat Sosial Media Untuk Bisnis | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN BISNIS MANAJEMEN

KONSULTAN HOTEL & RESTORAN

HANDAL, +62 0813-9864-6177. Manfaat Sosial Media Untuk Bisnis.

Konsultan Bisnis Manajemen, Konsultan Bisnis Surabaya, Konsultan Bisnis Jawa Timur, Bisnis Manajemen, Konsultan Manajemen, Konsultan Bisnis Surabaya, Manfaat Sosial Media Untuk Bisnis, Manfaat Sosial Media Bagi Perusahaan, Konsultan Bisnis Yogyakarta, Konsultan Bisnis Malang, Konsulltan Bisnis di Bandung, Konsultan Bisnis di Semarang, Konsultan bisnis di Indonesia, Konsultan Bisnis di Solo.


Sosial media sekarang telah memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar.
Kini berbagi informasi kepada pengunjung atau follower bukan satu-satunya keuntungan menggunakan sosial media bagi sebuah bisnis.
Banyak UKM di seluruh dunia telah menemukan cara bagaimana sosial media dapat memberikan kontribusi kesuksesan dan perkembangan pada segala aspek.
Bertambahnya jenis sosial media yang semakin bervariasi, mulai dari sosial media personal, blog, biro jodoh bahkan Commerce juga turut mendukung berkembangnya perjalanan bisnis tersebut.

Keuntungan Sosial Media Untuk Bisnis

1. Merupakan Cara yang Mudah untuk Mencari Tahu Lebih Banyak Mengenai Pelanggan Anda
Salah satu kunci sukses bagi seluruh bisnis dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Sosial media membuat proses pengenalan ini menjadi lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya.
Dengan perangkat pendukung yang ada, kini bisa Anda bisa mengetahui dengan terperinci mengenai siapa saja konsumen Anda, bahasa yang mereka gunakan, rentang usia, bahkan jenis kelamin dari sosial media.
Informasi ini dapat membantu proses branding dan promosi kepada target konsumen yang tepat. Manfaatkan juga trend usia pengguna pada masing-masing sosial media, sebagai acuan Anda dalam memilih chanel promosi.
Dengan target konsumen yang tepat diharapkan memberikan keuntungan lebih dari investasi yang telah Anda lakukan.

2. Membantu Pencarian Target Konsumen Lebih Efektif
Geo-targetting merupakan langkah yang efektif bila Anda ingin mengirimkan pesan kepada target konsumen secara spesifik berdasarkan lokasi mereka. Sosial media seperti Facebook dan Twitter memiliki perangkat pendukung yang membantu Anda untuk menyajikan informasi yang sesuai bagi konsumen. Contohnya jika anda memiliki bisnis perjalanan wisata dan ingin melakukan promosi melalui instagram, postingan foto Anda bisa dilengkapi dengan fitur location atau #hashtag.

Manfaatkan fitur location Instagram untuk memasarkan bisnis Anda dengan lebih tertarget. Dengan demikian, audiens yang ingin mengunjungi lokasi wisata tersebut bisa tertarik dan memiliki kemungkinan untuk menjadi konsumen.

3. Membantu Menemukan Konsumen Baru dan Memperluas Target Pasar
Sosial media seperti Instagram membantu bisnis kecil untuk menemukan konsumen dan mencari konsumen yang potensial. Jika Anda ingin mencari konsumen dengan lokasi yang berdekatan dengan Anda, pencarian berdasarkan lokasi terdekat bisa dilakukan dengan Instagram.

Selanjutnya Anda akan menemukan calon konsumen yang bisa dihubungi sehubungan dengan promosi bisnis Anda. Anda bisa menggunakan fitur location agar mudah ditemukan calon konsumen yang dekat dengan lokasi bisnis Anda. Lalu untuk mencari konsumen, seperti sebelumnya Anda bisa memanfaatkan #hashtags yang terkait dengan bisnis anda, kemudian gunakan untuk menemukan calon konsumen yang sesuai.

4. Memudahkan dalam Memberikan Feedback Secara Langsung
Sosial media untuk bisnis memberikan Anda akses kepada feedback positif maupun negatif dari konsumen, yang merupakan informasi berharga dari sudut pandang konsumen.

Sebagai contoh, jika Anda meluncurkan produk baru dan di bagikan melalui sosial media, maka secara instan Anda bisa langsung mengetahui pendapat konsumen.

Cara lain untuk mengetahui perspektif konsumen adalah dengan mempelajari bagaimana cara mereka menggunakan produk Anda. Dengan begini respon konsumen terhadap aspek apapun pada bisnis Anda bisa terlihat dengan jelas. Hasilnya bisa Anda gunakan untuk melakukan improvisasi terhadap kualitas bisnis Anda.

5. Mengembangkan Target Pasar dan Selangkah Lebih Maju dari Kompetitor
Dengan sosial media Anda bisa mendapatkan informasi penting dari kompetitor, yang kemudian dapat meningkatkan strategi pemasaran Anda. Dengan cara ini, Anda bisa menganalisa teknik apa saja yang digunakan oleh kompetitor dan melakukan hal yang lebih baik dari yang mereka lakukan.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan sosial media untuk teknik pemasaran yang sedikit nakal, yaitu untuk melihat kelebihan & kekurangan competitor. Dengan demikian Anda bisa memulai untuk mengembangkan konten yang relevan dengan target audiens Anda dan mendapatkan klien dengan media sosial.

6. Membantu Meningkatkan Pengunjung Website dan Ranking Search Engine
Salah satu keuntungan terbesar dari sosial media bagi bisnis adalah meningkatkan jumlah pengunjung website. Namun tidak hanya kunjungan yang bisa Anda dapatkan. Apabila informasi yang mereka temukan pada website Anda bermanfaat, mereka akan melakukan ‘share’ di sosial media.

7. Bagikan Informasi Lebih Cepat dengan Sosial Media
Sebelumnya proses pemasaran mengalami kendala untuk menyajikan informasi kepada konsumen dalam waktu yang singkat. Kini dengan adanya sosial media, penyampaian informasi kepada konsumen menjadi lebih mudah dan cepat. Saat Anda menggunakan sosial media untuk bisnis, khususnya untuk membagikan informasi mengenai bisnis Anda, cukup klik tombol ‘share’ pada setiap sosial media yang digunakan. Ingat, pastikan bahwa informasi yang Anda bagikan sesuai dengan minat target konsumen Anda.

Hal ini tentunya akan efektif jika akun sosial media Anda memiliki follower yang cukup banyak. Kalaupun tidak, Anda mungkin bisa mempertimbangkan menggunakan jasa influencer.

8. Membantu Konsumen Menjangkau Bisnis Anda
Sosial media mampu menjangkau siapapun yang menggunakannya, terlepas apakah itu calon konsumen ataupun bisnis lain yang juga membutuhkan jasa atau produk bisnis Anda. Mereka dapat memanfaatkan sosial media dalam melakukan pencarian produk atau jasa yang mereka butuhkan.

Hal ini biasanya dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli atau menggunakan suatu produk.
Konsumen melakukan hal ini untuk mencari tahu reputasi brand Anda di sosial media, seperti berapa banyak follower, seperti apa komentar konsumen lain, informasi produk terbaru dan hal lainnya. Selain untuk melihat reputasi, konsumen juga menggunakan sosial media untuk mengukur seberapa terpercayanya brand Anda.

Oleh karena itu sosial media penting, karena berada di salah satu tahap yang mendukung keputusan pembelian konsumen.

9. Lebih Dekat dengan Konsumen Melalui Sosial Media
Sosial media merupakan sarana yang sesuai untuk menciptakan hubungan dengan konsumen Anda. Contohnya, sosial media membantu bisnis agen perjalanan wisata untuk berkomunikasi dengan wisatawan. Hubungan dengan konsumen dibangun sebelum, pada saat, dan setelah konsumen menggunakan jasa mereka.

Komunikasi semacam ini sangat memungkinkan dilakukan melalui sosial media saat ini dibandingkan hanya melalui pemasaran konvensional.

10. Meningkatkan Brand Awareness dan Promosi dengan Biaya yang Minim
Terakhir, sosial media membantu bisnis Anda untuk meningkatkan brand awareness dengan biaya yang bisa dibilang hampir tidak ada. Biaya yang sangat diperlukan untuk hal ini adalah waktu. Pasalnya membangun brand dengan sosial media setidaknya membutuhkan tenaga, proses dan waktu yang tidak singkat. Meskipun tanpa biaya, yang dimaksud disini adalah ketika Anda benar-benar melakukan promosi di sosial media tanpa menggunakan iklan.

Hal ini sangat mungkin dilakukan dan hasilnya bisa jauh lebih baik daripada mengandalkan iklan. Harus diingat, Anda membutuhkan konten yang menarik dan berkualitas. Artinya jika Anda memposting foto, Anda membutuhkan foto dengan kualitas baik untuk bisa menarik perhatian calon konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

New York Bakal Punya Restoran Khusus Acar Goreng | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN HOTEL & RESTORAN BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177.  New York Bakal Punya Restoran Khusus Acar Goreng. Restaurant New York...