Minggu, 09 Desember 2018

Cara Menentukan Target Pasar Usaha Kuliner | Konsultan Bisnsi Manajemen

KONSULTAN BISNIS MANAJEMEN

KONSULTAN HOTEL & RESTORAN

UTAMA, +62 0813-9864-6177. Cara Menentukan Target Pasar Usaha Kuliner.

Konsultan Bisnis Restoran, Bisnis Restoran, Manajemen Restoran, Konsultan Bisnis Manajemen, Cara Untuk Menentukan Target Pasar, Target Pasar Usaha Kuliner, Target Bisnis Kuliner, Konsultan Manajemen Restoran, Konsultan Bisnis, Konsultan Bisnis Yogyakarta, Konsultan Bisnis Surabaya, Konsultan Bisnis Jakarta, Konsultan Bisnis di Semarang, Konsultan Restoran di Jakarta, Konsultan Bisnis di Indonesia.

Image result for restoran

Pembeli adalah raja, inilah istilah yang selalu berlaku di dunia bisnis.
Untuk itu pelayanan yang maksimal merupakan syarat mutlak bagi para pelaku bisnis, layaknya seorang raja yang selalu ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik. Dalam hal ini adalah usaha makanan yang dituntut untuk selalu memberikan servis yang memuaskan bukan saja dalam hal menu makanan saja namun menyangkut harga, tempat, fasilitas serta cara melayani pembeli itu sendiri.

Agar hal tersebut tercapai, maka diperlukan strategi menentukan target pasar. Dengan cara ini Anda dapat mengelompokkan konsumen sehingga dapat dengan mudah menentukan menu, hargalokasi usahabahkan fasilitas pendukung. Lebih jelas target pasar yang Anda bidik maka akan lebih maksimal Anda dalam melakukan pelayanan.
Setiap usaha harus memahami dengan jelas siapa target pelanggannya. Dengan memahami siapa saja targetnya, maka akan lebih mudah untuk bisa memikirkan bagaimana strategi dan cara agar bisa selalu menarik perhatian pelanggan.

Hal ini juga berlaku bagi usaha kuliner seperti restoran. Sangatlah penting untuk mengetahui siapa saja target pembeli bagi restoran tersebut.
Tak hanya soal makanan yang disediakan atau pelayanan yang diberikan, pelanggan juga merupakan aspek penting terutama untuk mendukung kelancaran bisnis restoran tersebut. Tanpa pelanggan, makanan atau pelayanan apapun hanya akan menjadi sia-sia karena dari merekalah bisnis kuliner mendapat keuntungan.

Berikut ini kami berikan beberapa jenis konsumen untuk mengetahui karakteristiknya masing-masing, sehingga dapat membantu Anda dalam menentukan target pasar, agar usaha makanan yang Anda jalankan dapat tepat sasaran.


1. Konsumen Anak Muda/ Mahasiswa


Dalam kesehariannya anak muda merupakan konsumen paling royal. Mereka biasanya tidak terlalu perhitungan dalam membelanjakan uang. Anak muda juga merupakan konsumen yang paling suka berkumpul dengan teman-temannya, hal ini dapat Anda jadikan strategi bagaimana membuat agar tempat usaha Anda bisa menjadi tempat bagi mereka berkumpul. Dan kesempatan ini pun akan mendatangkan keuntungan bagi Anda.

2. Konsumen Anak-Anak

Anak-anak biasanya menyukai jenis makanan yang digoreng, makanan manis atau es krim dan makanan yang tidak mengandung sayuran. Pangsa pasar anak-anak dapat di bidik apabila tempat usaha Anda berada di pusat keramaian yang dikunjungi anak-anak, seperti: taman bermain, dokter anak, atau pusat perbelanjaan.

3. Konsumen Keluarga


Tempat makan yang memiliki pangsa pasar keluarga biasanya akan memberikan suasana yang sejuk, nyaman dan tenang dengan menghadirkan unsur rekreasi dan keindahan. Memilih pangsa pasar keluarga berarti siap dengan variasi menu yang juga harus mampu mewakili selera semua usia mulai dari anak-anak sampai kakek-nenek.

Selain tiga jenis konsumen diatas, ada satu jenis konsumen lagi yang mungkin dapat Anda bidik yaitu pengunjung mall. Pengunjung mall yang kebanyakan bersifat royal dan berani membelanjakan uangnya dalam jumlah besar dapat menjadi salah satu kelebihan jika Anda menjalankan bisnis kuliner Anda di mall. Apalagi jika mall tersebut ramai dikunjungi konsumen.
Di balik kelebihan menjalankan bisnis Anda di mall, ada beberapa kendala yang harus diketahui. Pertama yaitu biaya sewa tempat yang sudah pasti tidak murah, membuat Anda harus memiliki modal yang ekstra juga. Kedua, gerai yang disiapkan oleh pihak mall biasanya berukuran kecil, sehingga tidak banyak ruang kosong yang dapat digunakan untuk meletakkan peralatan masak. Jadi Anda harus membawa masakan dalam keadaan setengah jadi, sehingga di mall tinggal memanaskannya saja.

Bagaimana, sudah terpikirkan konsumen mana yang akan Anda bidik? Segera tentukan dan realisasikan pada usaha makanan Anda. Kemudian bersiaplah untuk meraih kesetiaan pengunjung serta keuntungan usaha Anda. Semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

New York Bakal Punya Restoran Khusus Acar Goreng | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN HOTEL & RESTORAN BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177.  New York Bakal Punya Restoran Khusus Acar Goreng. Restaurant New York...