KONSULTAN BISNIS MANAJEMEN
KONSULTAN HOTEL & RESTORAN
TERNAMA, +62 0813-9864-6177. Konsultan Bisnis Restoran, Konsultan Bisnis Surabaya, Konsultan Restoran Surabaya, Strategi Pemasaran Jasa, Pemasaran Bisnis Restoran, Strategi Bisnis Usaha Kuliner, Volume Penjualan, Konsultan Bisnis Kuliner, Meningkatkan Bisnis Restoran
Memasarkan Restoran Dengan Sosial Media - Salah satu strategi marketing yang banyak digunakan dalam mempromosikan sebuah restoran tentunya adalah dengan menggunakan sosial media. Pemasaran melalui sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Youtube banyak dijadikan pilihan karena pengguna sosial media tersebut cukup banyak. Selain dapat menjangkau banyak khalayak, sosial media juga merupakan alat promosi yang tergolong murah dan efektif.
Sudah menjadi hal yang lumrah bila keberadaan beranekaragam media sosial di masa kini dimanfaatkan untuk tujuan pengembangan bisnis. Dengan konsep yang lebih modern, lebih unik, pebisnis modern mencoba untuk menyampaikan visi dan misi bisnis mereka melalui media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat dari bermacam-macam tingkat ekonomi. Hal ini memang cukup unik dan kreatif, mengingat media sosial telah menjadi media penyebaran informasi yang sangat efektif dan mempengaruhi persepsi banyak orang.
Walaupun menggunakan media sosial adalah sebuah strategi bisnis yang tepat, kita tentu harus memahami esensi penggunaan media sosial bagi masyarakat modern. Melalui persamaan persepsi dengan para pengguna media sosial lainnya, kita dapat mencari tahu mengenai ekspektasi apa yang diharapkan dari produk bisnis kita. Nah, agar kita menjadi lebih kreatif dan cermat dalam menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran.
Media sosial seperti Facebook, Pinterest, Twitter, hingga Instagram kini telah banyak digunakan untuk membantu memasarkan berbagai macam bisnis.Khususnya bisnis kuliner juga banyak opsi tambahan media sosial yang dapat digunakan seperti Foursquare, Zomato, dan lain sebagainya.
Tentunya media sosial dirasa efektif menjadi media pemasaran, karena jumlah pengguna media sosial pun selalu bertambah dari waktu ke waktu. Bahkan, kini banyak restoran yang mulai menggunakan media sosial untuk memasarkan bisnisnya, hingga untuk bisa berkomunikasi dengan para pelanggan.
Nah, bagi para pebisnis restoran, hal seperti ini bisa jadi suatu hal yang cukup menantang, yaitu bagaimana cara supaya akun-akun media sosial yang ada benar-benar bisa berguna sesuai dengan tujuan pembuatannya.
Tips Memasarkan Restoran Dengan Media Sosial
1. Berikan informasi yang jelas
Jangan lupa untuk memberikan informasi yang jelas tentang restoran lewat profil akun media sosial yang digunakan.
Cukup tuliskan dengan informasi singkat, jelas, dan padat. Informasi ini bisa berisikan nama restoran, alamat, menu yang tersedia, harga menu, jam buka, kontak, hingga link ke website resmi.
Dengan begitu, para pengguna media sosial yang tertarik untuk singgah ke restoran pun akan tahu dengan mudah dimana dan kapan dia bisa berkunjung.
Anda juga bisa memperkenalkan menu-menu yang ditawarkan lewat akun media sosial. Lengkapi dengan foto yang menarik, serta informasi singkat mengenai menu dan harga.
2. Tanggapi review online
Cobalah untuk memberikan tanggapan pada review yang dituliskan oleh para pelanggan secara online.
Memang review yang tertulis belum tentu berisikan pujian manis, terkadang ada kalanya sebuah restoran harus menghadapi unek-unek yang bahkan kadang ditulis dengan kata-kata negatif dari pelanggan yang merasa ekspektasinya tidak tercapai.
Namun bagaimanapun juga, akan lebih baik apabila pihak restoran tetap memberikan tanggapan kepada masing-masing review.
Dengan begini, komunikasi yang baik antara restoran dan pelanggan pun bisa tercipta. Pelanggan juga pasti akan merasa lebih senang saat pendapatnya didengarkan.
Terapkan juga cara balasan yang tepat saat dihadapkan dengan review negatif dari pelanggan.
3. Rajin posting foto menu restoran
Jangan puas hanya dengan satu dua foto dan informasi di profil. Rajin-rajinlah meng-update akun media sosial supaya bisa menarik lebih banyak pelanggan.
Anda bisa melakukannya dengan cara mengupload foto-foto menu dengan deskripsi yang mendukung para pelanggan untuk semakin merasa tertarik mencoba menu-menu tersebut.
Pastikan menu yang difoto menarik dan menggugah selera, misalnya dengan memperhatikan pencahayaan dan sudut pengambilan gambar.
4. Tawarkan promo atau kupon menarik
Para pelanggan biasanya akan semakin tertarik untuk mengunjungi suatu restoran yang menawarkan promo atau diskon. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk menginformasikan adanya promo maupun diskon.
Selain itu, Anda juga bisa lho memberikan kupon spesial pada para calon pelanggan lewat media sosial.
Misalnya saja, tawaran mendapat kupon gratis satu porsi apabila sudah follow akun media sosial restoran.
Atau bisa juga menawarkan kupon bagi para pengikut yang berhasil mereferensikan restoran tersebut pada teman-temannya.
5. Adakan beragam kontes yang menarik
Anda juga bisa mencoba mengadakan kontes online lewat media sosial dan menawarkan hadiah (seperti voucher atau diskon) pada pemenang.
Misalnya saja kontes selfie, kontes video, dan kontes foto saat datang dan menikmati menu di restoran tersebut.
Adapun tata cara yang diperlukan, si pengunjung harus mengupload foto itu ke akun media sosialnya dan menambahkan hashtag tertentu terkait restoran tersebut.
6. Follow akun media sosial pelanggan
Selain berharap jumlah followers bertambah, cobalah untuk juga follow akun para pelanggan. Hal ini terutama bagi mereka yang setia datang ke restoran tersebut.
Tujuannya agar mereka sadar dengan keberadaan akun media sosial restoran tersebut dan adanya potensi mereka untuk follow back akun media sosial restoran.
7. Menampilkan Video Tentang Menu Makanan Yang Sedang Dimasak
Tidak sedikit orang yang penasaran mengenai bagaimana proses makanan itu dimasak. Restoran Marche di Jakarta, Indonesia menjawabnya dengan cerdas. Mereka mengunggah video di Instagram mengenai proses memasak ayam panggang. Ayam tersebut terlihat sangat lezat, dengan daging yang juicy, membuat orang yang melihat video tersebut tertarik untuk berkunjung ke Marche. Strategi sosial media ini sangat kreatif. Mereka menunjukkan proses memasak sebuah makanan untuk membuktikan kualitas ayam yang masih segar serta higienis.
8. Mengunggah Warna Makanan Yang Dominan
Via Tokyo, sebuah kafe dessert terkenal yang terletak di Hong Kong ini mempunyai foto-foto Instagram yang unik. Ketika anda membuka Instagram milik mereka, anda akan diserang oleh warna-warna makanan yang dominan hijau. Sangat menyegarkan dan begitu menggoda untuk segera di santap. Mereka pandai menggunakan foto-foto makanan berwarna dominan hijau sebagai strategi sosial media mereka. Warna hijau juga sangat berkaitan dengan kafe tersebut dan sangat menggambarkan matcha, sebagai menu andalan mereka.
9. Menjawab Setiap Review Restoran Dengan Baik
Sebuah restoran dapat dikatakan berkualitas dan memiliki layanan yang baik jika mereka menaruh perhatian lebih kepada review customer. Entah review yang baik, maupun yang buruk. Manager Paris Creperie melakukannya dengan baik. Dia sangat menaruh perhatian terhadap komentar dan review customer yang telah berkunjung ke restorannya. Review customer yang bernada negatif pun tetap dibalas. Bahkan customer tersebut juga diberikan saran mengenai menu yang cocok untuk dipesan. Strategi sosial media seperti ini akan membuat akun restoran menjadi hidup, dan banyak orang yang memberikan feedback dengan senang hati.
10. Menggunakan Gambar Yang Saling Berkaitan
Pernah melihat Instagram sebuah restoran yang gambar-gambarnya saling berkaitan seperti di atas? Cukup unik bukan? Ketika kita membuka gambarnya satu persatu memang terlihat seperti potongan-potongan gambar tanpa makna. Namun ketika kita membuka homepage restoran tersebut, maka akan tampak gambar seutuhnya. Ide sosial media seperti ini sangat kreatif dan layak dicoba. Mochilok Bandung, Indonesia telah membuktikannya. Instagramnya telah membuat banyak orang terkagum-kagum.
11. Menampilkan Pegawai Restoran ke Sosial Media
Memperlihatkan foto-foto pemilik restoran serta karyawan dan karyawati restoran pada sosial media bukanlah ide yang buruk. Strategi sosial media yang satu ini dapat dibilang cerdas, karena membuat customer mengenal lebih dalam sosok-sosok yang telah membangun restoran tersebut, serta siapa yang sudah menyajikan hidangan untuk customer di meja makan. Secara otomatis, followers sosial media restoran tersebut akan merasakan kehangatan dan kedekatan secara personal setiap melihat aktivitas karyawan di restoran kesukaan mereka.
12. Mempublikasikan Aktivitas Customer Yang Berkunjung Ke Restoran
Anda juga bisa menggunakan cara yang unik dalam meledakkan followers sosial media mereka. Restoran yang terletak di Amerika Serikat ini banyak menggunakan foto-foto customer yang telah berkunjung ke restoran mereka. Maka anda akan menemukan banyak customer yang memberikan pesan dan kesannya berkunjung ke restoran ini.
13. Melakukan Promo Youtube
Youtube merupakan media sosial yang juga menjadi incaran untuk melakukan promosi . Banyak vlogger maupun food blogger dikerahkan untuk memperomosikan sebuah restoran. Bahkan ada juga dari pihak restoran yang meliput restorannya sendiri untuk ajang promosi. Salah satu strategi sosial media adalah melakukan promosi dengan menggunakan video yang diupload ke youtube. Restoran ini dengan cerdas meliput bir yang terlihat segar, hidangan andalan mereka yang terlihat lezat, serta design interior restoran yang terlihat nyaman dan hangat. Cara yang sempurna untuk mengundang pengunjung datang ke restoran.
14. Bayar Pakai Foto
Ada strategi unik restoran yang membuat banyak mata anak muda tertuju ke sana, yakni bayar pakai foto. Bagi yang hobi main Instagram serta hobi upload foto makanan, promo yang satu ini tentunya sangat menggiurkan untuk diikuti. Restoran bernama The Picture House yang terletak di London ini pernah menawarkan strategi sosial media yang sangat jenius. Customer diajak untuk mengunggah foto makanan ke Instagram lalu menyertakan hashtag #BirdsEyeInspiration, dan customer bisa makan gratis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar