Selasa, 18 Desember 2018

Langkah Membuka Cabang Usaha Restoran | Konsultan Bisnsi Manajemen

KONSULTAN HOTEL & RESTORAN

PALING TOP, +62 813-9864-6177. Langkah Membuka Cabang Usaha Restoran.

Cara Membuka Cabang Usaha Baru, Cara Membuka Restoran Baru, Buka Cabang Restoran, Bisnis Restoran di Indonesia, Bisnis Restoran dan Hotel, Cabang Restoran di Jakarta, Konsultan Bisnis Jakarta, Konsultan Bisnis Jakarta Barat, Konsultan Bisnis di Jakarta, Konsultan Bisnis Cirebon, Konsultan Bisnis di Depok, Konsultan Bisnis Jakarta Timur.




Dalam menjalankan sebuah bisnis restoran, setiap orang pasti memiliki keinginan agar bisnis restoran yang dikelola dapat mengalami perkembangan yang pesat. Saat bisnis restoran Anda mulai menunjukkan permintaan pasar yang naik drastis, hal ini tentunya menjadi peluang sekaligus tantangan bagi Anda untuk melakukan ekspansi dengan cara membuka cabang restoran baru.

Berikut tips membuka cabang restoran baru yang dapat Anda jadikan sebagai pedoman sebelum mulai melakukan ekspansi.

1. Pilih Lokasi yang Strategis dan Menguntungkan
Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat berencana untukmembuka cabang restoran baru adalah mempertimbangkan lokasi usaha yang paling strategis dan dekat dengan pasar yang anda targetkan.

Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menenentukan lokasi usaha yang strategis adalah melihat peluang prospek lokasi tersebut untuk mendapatkan pasar yang lebih besar di masa depan. Hal ini sangat penting tapi masih sangat jarang dilakukan oleh sebagian besar pengusaha yang akan melakukan ekspansi. Semakin meluasnya pasar dimasa depan, maka keuntungan bisnis yang akan Anda dapatkan pun akan semakin besar pula.

Dalam menentukan hal ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan identifikasi target pasar bisnis restoran Anda, lalu mulailah untuk mencari lokasi tersebut dengan berkeliling sekaligus melakukan survei untuk menemukan lokasi yang tepat. Sebagai contoh, anda memiliki sebuah bisnis restoran dengan target utama yang anda pilih adalah para pelajar dan mahasiswa.

Anda dapat mencari lokasi yang strategis, berdekatan dengan sekolah dan kampus, sehingga bisnis restoran Anda dapat menjangkau target dengan mudah dan memiliki prospek bisnis yang baik dimasa depan. Selain itu, Anda pun dapat membuka cabang baru di lokasi yang banyak lalu lalang kendaraan dan mudah terlihat oleh banyak orang.

BACA JUGA : Tips Menarik Pengunjung Restoran

2. Kembangkan Strategi Pemasaran
Setelah memilih lokasi yang tepat untuk membuka cabang baru, tentunya Anda perlu untuk melakukan pemasaran. Pastikan agar cara memasarkan bisnis restoran sesuai dengan target pasar Anda.

Beberapa hal ini harus diutamakan saat Anda melakukan pemasaran untuk membuka cabang baru:
Pahami kebutuhan pelanggan Anda
Berikan pelayanan terbaik dengan menjalin hubungan baik dengan pelanggan Anda di setiap cabang secara konsisten, sehingga tak ada cabang yang dianggap ‘lebih baik’ dibandingkan cabang lainnya.

Setelah memahami kedua hal diatas, lakukan strategi pemasaran yang sesuai dengan target pasar Anda, seperti melalui media sosial, email marketing, dan sebagainya. Anda pun dapat mengadakan acara grand opening untuk memperkenalkan cabang baru tersebut, dengan memberikan penawaran potongan sebagai daya tarik pengunjungnya.

3. Rencanakan Strategi Bisnis Anda secara Maksimal
Setelah membuka cabang baru di lokasi dan strategi pemasaran yang tepat, tugas Anda berikutnya adalah merencanakan strategi bisnis yang tepat. Strategi bisnis dapat dalam beberapa hal, seperti penambahan tenaga kerja, perencanaan penambahan modal, budgeting, cara memasarkan cabang baru, dan sebagainya.

Strategi bisnis ini akan membantu Anda untuk mempertahankan setiap cabang restoran tersebut dengan kualitas yang sama. Agar berhasil, pastikan agar Anda dapat merencanakan seluruh strategi bisnis tersebut secara maksimal, dengan mencari berbagai informasi secara lengkap, serta melakukan analisa pasar, produk, dan sebagainya.

BACA JUGA : Cara Menentukan Target Pasar Usaha Kuliner

4. Pastikan Anda Melakukan Pembukuan dengan Baik dan Benar
Saat membuka cabang baru, biasanya ada banyak sekali biaya-biaya yang perlu dikeluarkan, Anda harus mencatat seluruh pengeluaran tersebut dengan teliti. Semakin besar bisnis yang Anda jalankan, semakin besar pula potensi bisnis Anda melakukan kesalahan, terutama dalam melakukan perhitungan dan pencatatan laporan keuangan.

Pastikan agar seluruh angka jumlah pengeluaran di catatan akuntansi Anda telah terinci dengan baik dan benar. Selain itu, pisahkan pendapatan dan pengeluaran di setiap lokasi bisnis restoran Anda, sehingga Anda dapat membaca laporan keuangan tersebut dengan mudah.

5. Siapkan Modal Anda
Persiapkan jumlah dana yang cukup untuk dijadikan sebagai modal membuka cabang bisnis baru sejak jauh-jauh hari. Anda perlu melakukan perhitungan cermat untuk mempersiapkan jumlah dana sebagai modal dalam membuka cabang restoran baru. Untuk memperkirakan modal yang mungkin Anda butuhkan, buatlah daftar pengeluaran dan pastikan agar seluruh biaya telah tercantum di daftar tersebut.

Sebagai contoh, Anda perlu untuk mempertimbangkan biaya operasional dan biaya promosi untuk cabang baru yang pada umumnya memiliki jumlah tidak tetap. Dengan adanya cadangan modal, berbagai biaya yang lebih tinggi dari perkiraan dapat teratasi dengan baik.

Pastikan agar Anda telah memiliki rencana strategis mengenai perhitungan dana yang dibutuhkan dan dari mana Anda akan mendapatkan modal tersebut. Anda akan mengalami kesulitan jika tidak memiliki modal yang cukup untuk membuka cabang baru di lokasi yang berbeda.Apabila tidak memiliki modal yang cukup, lebih baik Anda mencarinya terlebih dahulu dari investor atau lembaga pemberi pinjaman.

6. Merekrut Karyawan Berkualitas
Membuka cabang baru berarti Anda telah siap untuk menambah jumlah karyawan untuk membantu dalam proses bisnis restoran Anda. Selain itu, Anda pun perlu mempercayakan bisnis Anda kepada orang lain untuk membantu dalam melakukan pengawasan terhadap restoran Anda di cabang baru tersebut.

Pastikan agar orang yang Anda pilih adalah orang yang tepat dan dapat dipercaya, misalnya Anda dapat mengangkat karyawan yang telah lama bekerja di restoran Anda di cabang lain menjadi pemimpin di cabang baru. Sebelum mengangkat karyawan tersebut sebagai pemimpin cabang, Anda dapat melakukan penilaian kompetensi dengan melihat kehandalannya, tingkat kesalahan yang dilakukan, dan kemampuan  kepemimpinan yang ia miliki. Jika karyawan tersebut cocok untuk Anda percayakan, maka mulailah untuk mengangkat karyawan tersebut.

Keuntungan yang anda dapatkan jika memilih karyawan lama adalah kemudahan untuk melatihnya, sehingga Anda sebagai pemilik hanya perlu menambahkan pelatihan tentang cara kepemimpinan yang baik dan cara mengelola tugas agar berjalan dengan efektif. Anda sebaiknya juga tidak menyerahkan pengelolaan cabang sepenuhnya tanpa pengawasan sama sekali.

Anda perlu untuk mengetahui kinerja cabang baru tersebut untuk memastikan agar cabang baru tersebut berjalan dengan maksimal tanpa adanya penyimpangan yang dilakukan oleh karyawan. Kemampuan Anda dalam mengendalikan pimpinan cabang dan mengarahkan mereka akan menentukan hasil usaha yang anda jalankan, sehingga kerja sama dan koordinasi yang baik sangat diperlukan.

7. Siapkan Modal Tambahan untuk Biaya Perlengkapan dan Persediaan Bahan Baku
Membuka cabang baru berarti Anda perlu untuk membuat daftar yang terdiri atas peralatan, perlengkapan, persediaan bahan baku yang akan dibutuhkan. Sebelum melakukan pembelian peralatan perlengkapan, ada baiknya pula jika Anda telah mengukur dan melakukan perhitungan terhadap cabang baru tersebut.

Misalnya, Anda dapat memperkirakan kemungkinan pengunjung yang akan datang ke restoran Anda sebelum memesan meja dan kursi agar pengeluaran Anda tidak terlalu besar.  Untuk persediaan bahan baku, pastikan agar membeli bahan baku dari  pemasok yang sama dengan bisnis Anda di cabang sebelumnya agar kualitas dan perhitungan biaya di setiap lokasi lebih konsisten.

Anda dapat menjadikan jumlah kebutuhan bahan baku di cabang sebelumnya sebagai patokan untuk menentukan kemungkinan jumlah persediaan bahan baku tambahan yang dibutuhkan di cabang baru. Bagi Anda yang masih ragu untuk mulai membuka cabang baru, seharusnya beberapa hal diatas dapat menjadi faktor penyemangat bagi Anda untuk melakukan ekspansi bisnis.




Industri yang kami layani :
>>>> Retail / Ritel : Segala Jenis Toko : Toko Buku, Toko Bangunan, Toko Bakery, Baby Shop, Pet Shop, Toko Roti, Minimarket, Supermarket, Hypermart, Toko Buah, Toko Obat / Apotek, dll.
>>>> Manufacture / Pabrik : Segala Jenis Pabrik : Pabrik Makanan & Minuman, Pabrik Plastik, Pabrik Kertas, dll.
>>>> Service : Hotel, Restoran, Printing, Cafe, FnB, F & B, Laundry, Wedding, Fashion Design, Barber Shop, dll.
>>>> Start Up : Segala Jenis Industri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

New York Bakal Punya Restoran Khusus Acar Goreng | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN HOTEL & RESTORAN BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177.  New York Bakal Punya Restoran Khusus Acar Goreng. Restaurant New York...