Senin, 05 November 2018

Tips Membangun Usaha Hotel & Restoran | Konsultan Bisnis dan Manajemen



KONSULTAN BISNIS MANAJEMEN

KONSULTAN HOTEL & RESTORAN

TERNAMA, +62  0813-9864-6177. Tips Membangun Usaha Hotel & Restoran.

Konsultan Hotel Surabaya, Konsultan Bangunan Hotel, Konsultan Jasa Hotel, Konsultan Properti Hotel, Konsultan Bisnis Perhotelan, Fasilitas di Hotel, Konsultan Manajemen Restoran, Tips Membangun Hotel, Tips Membangun Restoran, Konsultan Bisnis Solo, Konsultan Bisnis Yogyakarta



Bisnis hotel dan restoran adalah bisnis jasa melayani tamu 24 jam sehari sehingga posisi sumber daya manusia yang handal, professional, ramah, cekatan dan selalu siap melayani tamu akan memberikan pengaruh posistif bagi perkembangan usaha ini. Tanpa sumber daya manusia yang handal, produk yang baik akan menjadi terlihat kurang baik karena kurangnya perawatan oleh karyawan.


Hotel juga dapat didefinisikan sebagai salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil  (Keputusan Menteri Parpostel) .



Sebuah perkembangan bisnis perhotelan dan restoran yang sangat pesat tentunya akan sangat kita butuhkan dalam sistem manajemen di kinerja pengolahan. Jasa konsultan hotel dan restoran di Indonesia yang sudah berkembang dan memiliki partner kerja yang banyak akan di berikan review sedikit di artikel kali ini. Sudah cukup puaskah Anda sebagai pemilik hotel dan restoran dengan kinerja bisnis yang Anda jalani sekarang? 



Pengelolaan hotel dan restoran yang baik sangat erat kaitannya dengan sumber daya manusia yang mengelolanya. Untuk itu sumber daya manusia yang bekerja dihotel dan restoran harus memiliki pengetahuan, ketrampilan, kompetensi, serta sikap yang baik dalam profesinya maupun secara manajemen.



Hal – hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membangun Usaha


1.     Niat Untuk Berbisnis
Ada banyak ketakutan akan kegagalan yang dijalankan saat menjalankan bisnis tidak diaplikasikan. Padahal kegagalan dapat menimpa siapa saja, bahkan perusahaan besar pun dapat mengalami kebangkrutan.
2.     Ide Kreatif Untuk Bisnis
Memulai bisnis dapat dilakukan dengan menjual apapun yang bias dijual. Salah satu contohnya saat gojek dididrikan sebagai solusi kemacetan kota Jakarta sehingga banyak diminati oleh masyarakat.
3.     Siapkan Mental Untuk Menerima Masukan dan Cacian
Untuk memulai bisnis sendiri, dengarkanlah semua masukan yang diberikan dari teman, keluarga, ahli, bahkan kata hati sendiri. Masukan, kritik, dan saran dari orang- orang yang sudah berpengalaman dalam membuka bisnis akan sangat membantu di awal- awal proses mendirikan bisnis.
4.     Perencanaan Bisnis Yang Matang
Tulislah dengan rinci kapan usaha akan dimulai, dimana lokasi bisnis akan didirikan, siapa target market yang akan dibidik, beberapa modal yang akan digunakan. Rincian juga kemungkinan sumber dana yang akan menunjang jalannya bisnis.
5.     Persiapan Keuangan Pribadi
Sebagian besar bisnis yang sukses mengalami kegagalan di lima tahun pertama memulai bisnis. Guna menghadapi kegagalan tersebut, pastikan memiliki penghasilan atau sumber uang sampingan agar kehidupan dapat tetap berjalan walaupun bisnis belum menguntungkan.


Didalam perusahaan kita juga harus memperhatikan fasilitas tehadap perusahaan , adapun faasilitas hotel dengan  adanya  jasa penginapan \, pelayanan makanan dan minuman, pelaynan barang bawaan, pencucian pakaian, penggunaan fasilitas perabot dan hiasan-hiasan yang ada di dalamnya, sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar, penyediaan makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran.


Banyak orang bingung bagaimana cara membangun serta mengembangkan usaha mereka,  disini terdapat tips untuk membangun usaha penginapan dan restoran. Berikut tips nya :


1.        Lakukan Riset dan Tentukan Target yang Ingin Disasar
       Sebelum membangun penginapan, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu terhadap target yang ingin dituju. Anda bisa menyasar pekerja kantoran, siswa sekolah, mahasiswa, atau traveler.
       Bila Anda menyasar traveler, pastikan bahwa lokasi yang dimiliki berada dekat dengan area wisata dan banyak dikunjungi. Sementara apabila tempat yang Anda miliki berada dekat dengan sekolah atau kampus, dapat menyediakan kos atau kontrakan akan sangat menguntungkan. Sebab pelajar atau mahasiswa dari luar kota atau daerah akan mencari-cari tempat tinggal yang dekat sekolah atau kampus.


2.    Cari Lokasi dengan Selalu Mempertimbangkan Harga
       Setelah menentukan target market yang ingin disasar, langkah selanjutnya adalah hunting lokasi .Bagi yang belum memiliki tanah/lokasi, sebaiknya, jangan buru-buru dalam membeli properti, tetap pertimbangkan harga dan lokasi yang dipilih harus strategis.
        Selalu sesuaikan pilihan Anda dengan market yang ingin dituju. Usahakan sebisa mungkin mencari pemilik tanah yang sedang membutuhkan uang. Besar kemungkinan dia akan menjualnya dengan harga miring.


3.    Beli property sesuai kondisi finansal
        Apabila dana yang dimiliki terbatas, Anda tidak perlu membelinya dalam skala besar. Belilah properti dalam skala yang kecil walaupun hanya satu atau dua bangunan. Pertimbangkan kondisi keuangan Anda sebelum membeli property.


4.    Rencanakan Tipe dan Pilih Bahan Bangunan yang Berkualitas
        Setelah memiliki tanah yang siap dibangun, langkah berikutnya adalah membuat konsep terlebih dahulu mengenai tipe dan bahan bangunan yang ingin Anda gunakan. Di internet sudah banyak model rumah yang bagus dengan menggunakan bahan/material yang tidak mahal, tetapi tetap berkualitas.


5.     Berikan Fasilitas yang Lengkap dan Percantik Interior atupun Eksterior
        Lengkapi bangunan yang Anda punya dengan berbagai fasilitas penunjang. Anda bisa menambahkan AC, kamar mandi dalam, internet gratis, dan lain-lain. Percantik interior dan eksterior bangunan dengan pilihan warna cat yang sejuk dan nyaman di mata. Dengan begitu, pengunjung merasa betah tinggal di penginapan.

6.     Pasang Harga yang Realistis, tapi Tetap Bisa Memberikan UntunG
        Harga adalah salah satu elemen paling penting yang menjadi pertimbangan bagi orang-orang yang ingin menginap. Meskipun memiliki penginapan di lokasi yang strategis, memasang harga menginap yang mahal akan menyulitkan Anda mendapatkan pelanggan. Selalu tetapkan harga tidak jauh-jauh selisihnya dari harga yang ditetapkan kompetitor. Lebih baik ambil sedikit untung, tetapi berlipat sehingga nantinya mendapat profit yang banyak.


7.     Kebersihan Tempat Menjadi Standar Dasar yang Harus Terjamin
        Jangan pernah menyepelekan kebersihan penginapan. Penginapan yang bersih akan selalu menjadi pilihan pengunjung. Mereka akan merekomendasikannya kepada orang lain dan akan berkunjung kembali jika kebetulan pergi ke lokasi yang sama. Sebaliknya, penginapan yang kotor akan membuat pengunjung tidak betah dan enggan untuk kembali menginap.


8.     Memberikan Harga Promosi yang Efektif
        Salah satu cara promosi yang efektif adalah dengan bundling produk. Yang dimaksud dengan produk di sini ialah penginapan yang Anda. Nah, untuk menarik banyak pelanggan, Anda perlu melakukan promosi bundling semisal promo diskon harga kalau menginap lebih dari 3 hari.
        Atau bundling harga sewa murah dengan bonus transportasi antarjemput gratis ke tempat wisata dan lain-lain. Bentuk promosi bundling seperti ini umumnya memancing minat banyak orang. Dengan penawaran seperti itu, penginapan Anda akan dipilih sebagai pilihan untuk menginap.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

New York Bakal Punya Restoran Khusus Acar Goreng | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN HOTEL & RESTORAN BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177.  New York Bakal Punya Restoran Khusus Acar Goreng. Restaurant New York...