Rabu, 21 November 2018

Beberapa Macam Sistem Pelayanan Restoran | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN BISNIS MANAJEMEN

KONSULTAN HOTEL & RESTORAN


BERPENGALAMAN, +62 0813-9864-6177. Beberapa Macam Sistem Pelayanan Restoran.


Konsultan Bisnis Restoran, Konsultan Bisnis Manajemen, Konsultan Manajemen Restoran, Konsultan Bisnis, Konsultan Manajemen, Bisnis Restoran, Pengertian Restoran, Sistem Pelayanan Restoran, Manajemen Restoran, Konsultan Bisnis Yogyakarta, Konsultan Bisnis Surabaya, Konsultan Bisnis Jakarta, Konsultan Restoran di Jakarta.



Restoran merupakan salah satu bagian dari F & B Department yang bertanggung jawab atas segala kegiatan penjualan makanan dan minuman serta dalam penjualan jasa pelayanannya kepada tamu. Suatu restoran haruslah professional dalam memberikan pelayanan terhadap para tamu, dimana yang berasal dari berbagai negara, serta memiliki cara, budaya atau karakter yang berbeda terhadap makanan. Oleh sebab itulah ada beberapa sistem pelayanan yang sesuai dengan jenis restoran yang dimiliki.

secara umum sistem pelayanan di restoran dapat dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu :

1. American Service/Plate Service



Sistem ini merupakan sistem paling praktis diantara sistem yang ada, terutama jika dilihat dari kecepatan pelayanan dan cara penyajiannya, dimana makanan telah siap di piring dari dapur dan langsung disuguhkan ke tamu. Biasanya pelayanan jenis ini diterapkan di restoran non formal, 
seperti : Coffee Shop, Banquet,dan Snack Bar.

Adapun urutan penyajiannya adalah :
Penghidangan makanan dilakukan dari sebelah kanan tamu menggunakan tangan kanan.
Penghidangan minuman dilakukan dari sebelah kanan tamu menggunakan tangan kanan.
Clearing-up dilakukan dari sebelah kanan tamu dengan tangan kanan, baik makanan atau minuman.

2. Russian Service/Platter Service



Dalam sistem penyajian makanan ini, makanan sepenuhnya telah disiapkan dari dapur dan diatur secara rapi di atas pinggan (plater) oleh bagian dapur. Platter tersebut selanjutnya dibawa ke restoran oleh seorang pramusaji yang kemudian langsung menyajikannya ke piring tamu.
Adapun cara pelaksanaan platter service :
Menyiapkan Makanan
Makanan bisa disiapkan secara table d’hote ataupun a’la carte, tergantung kepada jenis menu yang disajikan.
Pengambilan Pesanan
Pengambilan pesanan dilakukan oleh seorang pramusaji.
Penyajian Makanan
Makanan secara keseluruhan dipersiapkan dari dapur yang sudah diraci, dipotong oleh seorang tukang masak.
Meletakkan Piring Kosong di Atas Meja Tamu
Piring kosong yang bersih, baik itu panas atau dingin diletakkan di meja tamu dari sebelah kanan tamu menggunakan tangan kanan.
Pengambilan Makanan Dari Dapur
Makanan diambil dari dapur dan diatur di atas pinggan secara rapi, lalu dibawa ke restoran dan diletakkan di atas side stand.
Memperlihatkan Makanan
Makanan disajikan dari platter kepiring tamu, dari sebelah kiri tamu menggunakan service set (spoon and fork) dengan tangan kanan.

3. French Service/Gueridon Service



Cara pelayanan ini menggunakan pinggan khusus (plater) dan alat panas, serta makanan diracik diatas meja kecil (gueridon) di hadapan tamu.Oleh karena itu dibutuhkan seorang pramusaji yang khusus yang disebut Chef de Rang dan Comis de Rang. Mereka bekerja bersama-sama dengan tanggung jawab yang berbeda. Di Eropa, pelayanan ini tergolong pelayanan mewah.
Adapun tugas-tugas Chef de Rang :
Menerima tamu, mencarikan tempat duduk jika tidak ada pimpinan restoran (head waiter).
Mengambil pesanan.
Menyajikan minuman.
Meracik makanan di depan tamu.
Menyuguhkan rekening.

Sedangkan tugas-tugas Comis de Rang :
Menerima pesanan dari Chef de Rang dan mengirimkan ke dapur.
Mengambil makanan dari dapur dan membawa ke ruang makan dan meletakkan di atas gueridon.
Menyajikan makanan yang telah diracik ke hadapan tamu.
Membantu Chef de Rang.

4. Buffet Service (Prasmanan)



Sistem pelayanan ini makin popular dalam ruang makan, dimana dengan cara ini para tamu diperkenankan mengambil dan memilih makanan sendiri yang telah diatur diatas meja buffet. Tetapi pada buffet yang baik, para tamu akan disajikan makanan penarik selera dan juga soup di meja makan sebelum tamu datang ke mejabuffet. Minuman, roti dan mentega, serta hidangan penutup juga disajikan oleh para petugas restoran. Jadi peralatan yang disiapkan untuk menikmati makanan tersebut tidak ubahnya seperti peralatan yang dipasang pada restoran biasa.

5. English Service



Cara ini dilaksanakan dimana makanan pokok (main dish) dapat disajikan langsung di atas meja dan para tamu mengambil sendiri. Bentuk lain dari pelayanan ini adalah makanan pokok (main dish) diletakkan langsung di atas pemanas (hot plate) di dekat tuan rumah (host) dengan perlengkapan seperti piringnya. Kemudianhost meletakkan dan meracik makanan diatas piring dan menyuguhkannya pada tamu, dan untuk makanan peneman, para tamu akan mengambil secara silih berganti.

6. Counter Service 



Counter service adalah suatu sistem pelayanan restoran di mana para tamu yang datang terus duduk di counter. Apabila makanan dan minuman yang dipesannya sudah siap maka akan disajikan kepada tamu tadi di atas counter. Petugas yang menyajikan makanan dan minuman bisa Waiter, Waitress, atau langsung oleh juru masaknya. Pelayanan model ini lebih praktis, hemat tenaga dan waktu.

7. Self Service



Self service atau kadang-kadang disebut juga dengan buffet service ialah suatu sistem pelayanan restoran di mana semua makanan secara lengkap (dari hidangan pembuka, soup, hidangan utama, hidangan penutup, dan sebagainya) telah ditata dan diatur dengan rapi di atas meja hidang atau meja prasmanan. Para tamu secara bebas mengambil sendiri hidangannya sesuai dengan selera maupun kesukaannya. Sedangkan untuk minuman panas, seperti teh atau kopi, pada umumnya disajikan kepada tamu oleh petugas.

8. Carry Out Service 



Carry out service kadang-kadang disebut juga sebagai Take out service yaitu sistem pelayanan restoran di mana tamu datang untuk membeli makanan yang telah siap atau disiapkan terlebih dahulu, dibungkus dalam box (kotak) untuk dibawa pergi. Jadi makanan tidak dinikmati di tempat itu; mungkin dibawa pulang untuk dinikmati bersama keluarga, dibawa piknik, ke kantor, ke pabrik, ke kampus, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

New York Bakal Punya Restoran Khusus Acar Goreng | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN HOTEL & RESTORAN BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177.  New York Bakal Punya Restoran Khusus Acar Goreng. Restaurant New York...