Rabu, 21 November 2018

Integerasi Sistem Pelayanan Hotel | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN BISNIS MANAJEMEN

KONSULTAN HOTEL & RESTORAN

BERPENGALAMAN, +62 0813-9864-6177. Integerasi Sistem Pelayanan Hotel.


Konsultan Bisnis, Konsultan Manajmen, Bisnis Manajemen, Konsultan Bisnis Surabaya, Konsultan Bisnis Manajemen, Konsultan Hotel Surabaya, Tujuan Dan Manfaat, Tujuan Pelayanan Hotel, Bisnis Hotel Surabaya,  Metodologi Penelitian Hotel, Hasil Dan Pembahasan Penelitian, Konsultan Hotel di Indonesia, Konsultan Hotel Surabaya, Konsultan Bisnis Yogyakarta, Konsultan Hotel di Jakarta.





Integerasi Sistem Pelayanan Hotel - Pada saat ini peranan Sistem Informasi telah menjadi salah satu elemen yang sangat penting dalam mendukung proses bisnis. Dengan adanya Sistem Informasi yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan bisnis, maka akan dapat memberikan suatu keunggulan kompetitif bagi perusahaan, baik berskala kecil mapun besar yang pada akhirnya dapat menjamin mereka akan mampu bersaing dengan para kompetitornya. Hal ini mendasari perusahaan untuk terus menerus mengkaji ulang teknologi yang mereka miliki untuk dapat mengetahui perkembangan dan perubahan yang disebabkan oleh perkembangan teknologi yang begitu dinamis.


Pelayanan hotel merupakan fasilitas yang diberikan hotel tersebut sebagai nilai tambah bagi kepuasan pelanggannya. Dalam kegiatannya, pelayanan hotel terdiri dari banquet sales, spa & sportclub membership, dan penjualan SPA. Seiring berjalannya waktu, mulai muncul berbagai masalah pada sistem pelayanan hotel, dimana perolehan informasi untuk para stakeholder pelayanan hotel membutuhkan waktu yang cukup lama dan terkadang tidak tepat dikarenakan sistem yang tidak mendukung perolehan data secara real time. Dimana pengolahan data pada pelayanan hotel terpisah dengan pengolahan data pada departmenen Purchasing, Front Office, Restoran, serta House Keeping. Hal ini membuat penyebaran informasi yang selalu dilakukan bagian pelayanan hotel ke berbagai Departemen lain yang terkait menjadi lambat dan membuat redudansi proses karena harus menuliskan kembali berbagai informasi yang telah dicatat dalam sistem Pelayanan Hotel itu sendiri ke dalam e-mail. Sehingga kualitas informasi yang diperoleh departmen lain terkadang tidak sesuai dengan yang seharusnya karena banyaknya informarsi yang harus ditulis sehingga meningkatkan resiko terjadinya kesalahan.

TUJUAN DAN MANFAAT

Tujuan dari penelitian adalah menganalisis sistem pelayanan hotel dan kemudian mengembangkan sistem yang mengintegrasikan sistem pelayanan dengan sistem pada Departemen lain. Dengan adanya sistem terintegrasi membuat bagian pelayanan hotel dapat memperoleh dan menyebarkan data secara efisien dan efektif yang akan mempermudah pula dalam pencarian informasi yang dibutuhkan yang terdapat dalam sistem departemen lain sehingga meningkatkan kinerja pelayanan yang berdampak bagi kepuasan pelanggan.
Adapun manfaat yang diperoleh adalah menghilangkan redudansi proses yang terjadi ketika menyebarkan informasi ke departemen lain, meningkatkan kualitas informasi yang dikirim, dan akses pengambilan data yang dibutuhkan oleh bagian Pelayanan menjadi lebih cepat serta data yang diperoleh lebih akurat, begitu pula dengan penyimpanan data terpusat memastikan tidak adanya duplikasi data yang menyebabkan penyimpanan data menjadi lebih efisien. 

METODOLOGI

Metodologi yang digunakan dalam penulisan ini terdiri atas metodologi pengumpulan informasi, dan metodologi pengembangan. Kegiatan pengumpulan informasi dilakukan dalam tiga tahap, yaitu penelitian lapangan, penelitian pustaka, dan wawancara. sedangkan Kegiatan dalam pengembangan menggunakan metode beorientasikan objek berdasarkan pendekatan Matthiasen.

HASIL DAN PEMBAHASAN



Pengembangan sistem di dalam penulisan ini adalah mengintegrasikan sistem pelayanan hotel dengan sistem pada departemen lain di dalam internal hotel. Di dalam penelitian sistem pelayanan hotel ini mencakup sistem banquet sales, SPA & sportclub membership dan Penjualan SPA.

Sistem adalah seperangkat elemen atau komponen yang saling berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan atau goal. sementara itu, informasi adalah data yang ditempatkan dalam konteks yang berarti dan berguna untuk pengguna terakhir. Dan Sistem Informasi adalah suatu sistem yang menerima sumber data sebagai inputan dan memprosesnya menjadi informasi sebagai output-nya mengatakan bahwa analisis sistem menjelaskan apa yang sistem harus lakukan untuk memenuhi informasi yang dibutuhkan, maka perancangan sistem menunjukkan bagaimana sistem akan memenuhi sasaran atau tujuan tersebut.

Pembayaran bisa dilakukan secara cash ataupun dengan menggunakan credit card pada saat pembayaran down payment maupun pelunasannya. Setelah pelanggan membayar uang muka sebagai tanda jadi reservasi. Berisi data - data dari reservasi sebagai konfirmasi kepastian dari pemesanan banquet pelanggan, untuk kemudian dikirimkan ke departmenen – departemen di dalam internal hotel yang terkait dengan pemesanan banquet tersebut seperti house keeping, engineering, restaurant dan front office melalui e-mail untuk mempersiapkan event. 

Sedangkan jika pelanggan ingin membatalkan pesanan banquetnya, maka akan dicatat dalam Banquet Cancelation. Uang muka yang telah dibayar sebelumnya tidak akan dikembalikan jika pelanggan membatalkan pemesanan banquet-nya.
Dan untuk Pemakaian SPA, pelanggan yang ingin menggunakan jasa SPA dan Sportclub, dapat mendaftarkan diri sebagai member sesuai dengan tipe membership yang diinginkannya ke Customer Service SPA and sportclub. Tipe membership yang ada antara lain adalah single, double, group 3 dan group 5. Masing - masing paket tipe memiliki harga dan masa berlaku membership yang berbeda - beda. Setelah didaftar, pelanggan akan mendapat Membership ID Card yang dapat digunakan ketika ingin memakai jasa SPA atau Sportclub. Jika masa berlaku membership pelanggan sudah habis, maka Customer Service juga akan melayani perpanjangan membership pelanggan. 

Saat member akan menggunakan fasilitas SPA ataupun Sportclub, customer service yang bertugas akan menginput kode member pada kartu untuk mengecek masa berlaku dari member tersebut.

Untuk pemakaian fasilitas Sportclub, tamu kamar hotel dan member bebas menggunakannya tanpa biaya. Namun berbeda dengan SPA, jika member bisa menggunakan jasa SPA dengan gratis maka tamu hotel yang bukan member harus membayar biaya sesuai paket yang dipilih di kasir. 



Setiap beberapa bulan ataupun umumnya pada saat menjelang hari libur, Sportclub Supervisor akan membuat promosi paket SPA dengan ketentuan minimal pembelian yang telah di tentukan maupun dengan pembayaran menggunakan kartu kredit. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

New York Bakal Punya Restoran Khusus Acar Goreng | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN HOTEL & RESTORAN BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177.  New York Bakal Punya Restoran Khusus Acar Goreng. Restaurant New York...