Kamis, 15 November 2018

Tips Mendesain Interior Restoran | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN BISNIS MANAJEMEN


KONSULTAN HOTEL & RESTORAN

TERBAIK, +62 0813-9864-6177. Tips Mendesain Interior Restoran.

Konsultan Manajemen Restoran, Konsultan Bisnis, Desain Interior Restoran, Konsultan Manajemen, Bisnis Restoran, Cara Mendesain Restoran, Manajemen Restoran, Konsultan Bisnis Yogyakarta, Konsultan Bisnis Surabaya, Konsultan Bisnis Solo.



Berbicara tentang restoran memang tidak pernah ada habisnya. Menjelajahi dunia bisnis yang satu ini merupakan hal yang sangat menarik dan penuh tantangan. Tetapi benarkah bisnis restoran hanya persoalan memasak makanan lezat dan menyajikannya kepada konsumen?

Sebenarnya bisnis restoran mempunyai makna yang lebih dari sekedar mengenyangkan perut konsumen semata. Ada nilai seni di dalamnya.

1. Desain Interior Restoran

Ada aspek estetika yang harus ditata. Aspek estetika berfungsi untuk memanjakan sisi psikologi konsumen, sisi visual konsumen, membuat mereka nyaman, tertarik untuk nongkrong lebih lama, serta merasakan suasana yang hangat.
Jadi aspek estetika merupakan hal yang sangat penting. Aspek tersebut lahir dalam wujud desain interior restoran. Desain interior dapat mencakup segala sisi restoran, mulai dari ruang makan hingga toilet.
Di bawah ini akan kami bahas tips desain untuk sisi interior restoran anda.

• Pemilihan Warna Dinding




Pemilihan warna dinding tergantung pada konsep restoran yang diinginkan, apakah restoran cepat saji, fine dining, atau café. Untuk restoran cepat saji dapat menggunakan warna hangat seperti merah, kuning, dan orange. Menurut John Pile dalam bukunya yang berjudul Color in Interior Design, perpaduan warna merah dan kuning yaitu orange cocok untuk membangkitkan rasa nyaman dan selera makan. Selain itu, warna ini membawa perasaan hangat dan menyenangkan.

Untuk restoran fine dining, Sahabat Edupaint dapat mencoba nuansa warna coklat. Warna coklat akan menimbulkan kesan kehangatan pagi para pengunjung yang datang membawa kerabat, teman atau bahkan kekasih. Selain itu, sahabat juga bisa menggunakan warna hijau. Karena hubungannya dengan alam, hijau dianggap sebagai warna menenangkan dan santai. Pas digunakan untuk mendesain restaurant dengan konsep santai. Sahabat dapat memadukan semua warna tersebut dengan warna putih yang merujuk pada arti kebersihan. Penggunaaan warna cat dinding putih membuat restoran terkesan bersih dan nyaman.

• Pemilihan Ornamen Dekorasi




Ornamen dekorasi adalah unsur penting untuk membangkitkan suasana, ditambah lagi dengan kebiasaan pengunjung restoran yang hobi untuk berfoto. Ornamen dekorasi restoran biasanya dijadikan identitas atau ciri khas dari restoran tersebut. Misalnya tema restoran Sahabat adalah vintage, Sahabat dapat menambah ornamen interior kuno dari barang yang sudah tidak terpakai.

Untuk tema restoran modern dan elegan, Sahabat dapat berfokus pada lampu gantung, furnitur yang member kesan mewah, vas bunga, dan tirai tebal. Untuk café bergaya industrial, Sahabat dapat menggunakan ornamen interior unfinished berbahan kayu dan besi serta tambahkan hiasan tanaman hidup seperti kaktus dan monster. Gunakan cat Brillo untuk memperindah dan melindungi ornamen berbahan kayu & besi.
Pemilihan dekorasi juga dapat disesuaikan dengan jenis makanan atau daerah asal makanan yang disajikan. Dengan pemilihan dekorasi yang tepat, pengunjung akan mendapat pengalaman yang menyenangkan karena bukan sekedar lidah, tapi juga mata ikut dimanjakan.

2. Ruang Makan Non Smoking Area

Bagian restoran yang satu ini merupakan pusat dari segala aktivitas konsumen. Ruangan ini merupakan sisi restoran yang langsung terlihat ketika konsumen membuka pintu.
Ruangan ini menjadi nadi sebuah restoran, dimana konsumen akan bersantap menghabiskan makanannya, lalu bercengkrama tentang kehidupan. Jadi ruang makan harus di desain secantik dan senyaman mungkin.
Ruang makan dapat dirancang dengan mengetahui berapa besar restoran anda, berapa banyak meja dan kursi yang dibutuhkan, serta berapa jarak yang pas antara furniture yang satu dengan yang lainnya.

Kombinasikan komposisi keindahan dan tata letak yang akan melahirkan kenyamanan bagi konsumen.

Selain itu pastikan juga untuk menghadirkan barang-barang unik untuk mendukung desain interior restoran anda.
Contohnya adalah jika restoran anda memiliki desain minimalis yang hangat, siapkan rak buku antik, rak makanan minimalis dengan ukuran berbeda-beda lalu dibentuk menjadi sebuah ornament cantik, atau bahkan rak berbahan dasar kayu untuk tempat meletakkan hiasan ruangan.
Anda bisa juga bermain dengan desain lampu. Jika ingin menonjolkan sisi tropis pada ruang makan, anda bisa menggunakan jenis lampu dengan bahan yang ramah lingkungan.
Untuk menambahkan nuansa alam pada ruang makan restoran, anda dapat memajang beberapa lukisan pemandangan yang artistik dan pot tanaman.
Restoran anda akan tampil manis dan hangat

3. Ruang Makan Smoking Area

Sisi lain restoran adalah ruang makan smoking area. Biasanya area ini lebih banyak digunakan oleh konsumen perokok.
Di bagian ini, desain restoran anda juga tetap harus terlihat unik dan menarik, agar konsumen anda betah nongkrong berlama-lama.
Perhatikan desain interior untuk dinding, atap, furniture, serta hiasan yang dapat menciptakan kesan unik untuk restoran anda.
Jika anda ingin menciptakan kesan klasik, anda dapat memilih dinding bata, kursi kayu, lampu gantung yang terbuat dari besi, bahkan pajangan berupa vespa tua klasik.

4. Dapur


Dapur merupakan bagian yang vital dari sebuah restoran, dan dapat dikatakan sebagai jantung dari restoran anda. Di sinilah semua sajian lezat bermula.

Oleh karena itu jangan remehkan desain interior dapur. Apalagi jika restoran anda memiliki konsep open kitchen, dimana konsumen dapat melihat aktivitas koki dalam memasak makanan. Perkirakan ukuran dari dapur anda.
Pastikan besar ruangannya cukup membuat koki-koki anda bergerak secara leluasa. Desain interiornya juga harus diperhatikan.
Agar dapur terlihat megah adalah anda dapat bermain dengan lekukan pada dinding, langit-langit dapur, bentuk lampu, partisi dapur, dan aneka hiasan.
Jangan lupa untuk memilih nuansa cat yang segar dan cerah. Tambahkan beberapa hiasan dinding maupun hiasan gantung yang menarik untuk dapur restoran anda.
Foto makanan andalan di restoran anda juga dapat menjadi hiasan yang cantik dan menggiurkan.

5. Area Bar


Apakah anda merencanakan untuk mempunyai area bar di restoran anda?
Area bar akan sangat menarik bagi konsumen, dimana mereka akan datang, duduk, dan memesan minuman.
Jika bar restoran anda didesain secara menarik, area bar akan menjadi daya tarik visual bagi restoran anda.
Beberapa contoh desain interior untuk area bar adalah dengan menitikberatkan pada meja bar yang digunakan di restoran. Anda dapat memilih untuk menggunakan meja bar berbahan material kayu, granit, atau aluminium.
Perhatikan juga material kursi bar yang akan digunakan. Lalu perhatikan titik terkuat dari bar anda, yakni tata letak botol-botol minuman. Anda dapat menggunakan rak kayu besar berisi botol – botol minuman.
Anda juga dapat mencoba dobrakan desain interior seperti membuat rak di dalam dinding, meletakkan beberapa botol minuman andalan, lalu menutup dinding tersebut dengan lapisan kaca bening.
Percantik dengan lampu gantung bertema modern minimalis.

6. Toilet


Meskipun letaknya tersembunyi dan berada di bagian belakang restoran anda, namun jangan pernah meremehkan desain untuk toilet restoran anda.
Toilet yang memiliki desain bagus akan membuat konsumen nyaman dan memberikan nilai plus untuk restoran anda. Mereka akan kagum dan bertanya-tanya apa yang membuat anda memperhatikan hal sedetail itu.
Untuk desain interior, anda dapat fokus kepada material wc, wastafel, dan pintu toilet. Jika anda ingin menampilkan tema modern minimalis, anda juga dapat bermain pada model cermin.

Gunakan cermin panjang, neon box yang menempel pada sisi atas cermin, serta bunga plastik untuk menampilkan kesan segar, bersih, dan alami.

Banyak sekali ide mengenai desain interior yang dapat anda aplikasikan pada restoran anda. Selalu pikirkan terlebih dahulu mengenai tema restoran anda secara keseluruhan.
Jika anda sudah yakin dengan tema yang anda pilih, maka anda dapat mengaplikasikan ide tersebut, lalu menyeragamkannya antar bagian.
Kemudian anda tinggal memilih furniture yang pas dan hiasan yang serasi. Jangan takut untuk mengimajinasikan tema restoran yang anda inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

New York Bakal Punya Restoran Khusus Acar Goreng | Konsultan Bisnis Manajemen

KONSULTAN HOTEL & RESTORAN BERPENGALAMAN, +62 813-9864-6177.  New York Bakal Punya Restoran Khusus Acar Goreng. Restaurant New York...